image1 image2 image3 image4 image5 image6

EVERY NEW DAY IS ANOTHER CHANCE|ANOTHER CHANCE TO #CHANGE|#CHANGE IS NEVER EVER EASY|YOU FIGHT TO HOLD ON|AND YOU FIGHT TO LET GO|PROGRESS IS IMPOSSIBLE|WITHOUT #CHANGE|WE NEED WE WANT WE HAVE TO #CHANGE|BETTER #CHANGE JUST START

Kecerian Japanese Course Kami

Selanjutnya mungkin akan cerita tentang apa yang terjadi di kelas kita selama sebulan terakhir.

Sensei
Perkenalkan sensei kami yang baik, keibuan, dan dengan tulus mengajar kami satu demi satu, person by person. Namanya Kato-Sensei, pengajar dari APU - Aichi Prefectural University.  Untuk cerita tentang sensei akan saya buat satu postingan khusus hehe.. Tunggu aja ya. Oiya, yang membuat kita kaget (saya deng), pas Sensei nunjukin kartu namanya dan ternyata dia Ph.D! Pantes aja kalo ngajar mantep banget, jagi banget. Bahkan sesnsei banyak mengoreksi kamus-kamus Jepang-Indonesia yang katanya banyak salah (aku sih iya iya aja hehe).

Kelas Kami
Nah, ini dia teman kelas saya Japan On Track. Orang-orang yang sering saya repotin tiga minggu ini, tiap patah kata sensei saya minta terjemahin, tiap patah kata di buku, di papan, nanya bahasa jepangnya, nanya struktur grammarnya, nanya pronunciation-nya sampai ke nanya cara nulisnya. Ngengaggu lewat WA tiap pagi buta untuk nanya nanya cara ngerjain assignment-nya. Makasih buat diskusinya, dramanya, presetasinya, makan barengnya. Pokoknya makasih banget karena sudah ngebantuin Nabil tiga minggu ini. Ya ampun, keceriaan dan canda tawa kita enggak bakal kelupa deh.

Para Tutor
Selain Kato-sensei, banyak sensei-sensei lain yang ngajarin kita. Baik itu Pak Kozano-Sensei, Para alumni JOT tahun lalu; Kak Dimas, Kak Lista, Kak Dito, Kak Rizki dan kakak-kakak yang lain yang nemenin kita di tiap sesi. Dan juga teman-teman dari Kato-sensei (orang Jepang) yang sering datang cuman untuk cerita-cerita bareng kami, cuma untuk membiarkan kami mempraktekkan ilmu baru kami-sambil benerin pronunciation yang masih Jowo banget.

Setelah program ini, saya baru sadar kalo ada orang Jepang banyak banget di Jogja. Di Kantin Fisipol banyak. Bahkan waktu makan malem bareng ayah di tempat sate ada mahasiswa exchange Jepang. hehe. Mungkin juga karena teman-teman saya dari Kyoto pada dateng sih, sama ada acara Tokyotech-Aysesas kemarin, jadi berasa banyak banget Japanesenya =D. 

*pengen nulis arigatou gozaimasu tapi setting keyboard belum bisa nihongo.

Gallery JOT 2015

Ngerjain Assignment


 Ceritanya kita punya banyak banget tugas kaan. Bahkan setiap hari bisa sampai menulis di 6 lembar paper assignment-nya! Ampun deh. Bisa semaleman sendiri ngerjainnya. Tidak hanya itu, kadang banyak tugas kerja kelompok yang mau tidak mau kita kerjain di luar. Bisanya sih kita pada ketemu gitu. Bukannya ngerjain malah ngobrol ngalor-ngidul biasanya =D.

Farewell Dinner Bareng Sensei
 Ampun..ini gimana perasaan pengunjung lain pas kami datang. Hehe


Selasa 22 September 2015. Kita ngadain makan malam bareng Sensei, karena besoknya kita presentasi dan kelas terakhir. (Bukannya nyiapin presentasi akhir, kita malah ngobrol terus wkwk)

Kelas Terakhir


Mungkin karena ini hari terakhir Rabu 23 September 2015, Jadi kita benar-benar foto terakhir dengan berbagai pose =D

Share this:

CONVERSATION

2 comments:

  1. Buat nulis hiragana atau kanji sekalian bisa juga pake google translate bil, hehe

    ReplyDelete
  2. iya siiih, cuman pake keyboard sendiri lebih sesuatu gitu sih rencananya. hehe
    Makasih ya buat sarannya =D

    ReplyDelete