image1 image2 image3 image4 image5 image6

EVERY NEW DAY IS ANOTHER CHANCE|ANOTHER CHANCE TO #CHANGE|#CHANGE IS NEVER EVER EASY|YOU FIGHT TO HOLD ON|AND YOU FIGHT TO LET GO|PROGRESS IS IMPOSSIBLE|WITHOUT #CHANGE|WE NEED WE WANT WE HAVE TO #CHANGE|BETTER #CHANGE JUST START

Japan On Track - Sebuah Catatan

"Mas Nabil, sekarang kemana sih. Enggak pernah kelihatan." Ghea I13 - Qonita TI12

"Gile bro, semester ini baru ketemu sekali kita." Feby TM12

"Kakak ngapain sih, kesini mulu." Nisa, adik kelas IC 18

Nah, pertanyaan bagus. Akhir akhir ini banyak banget lagi yang nanya ke saya. Mungkin iya sih, karena biasanya Nabil Satria selalu ada di Fakultas Teknik, dari pagi sampai keluar karena gerbang mau tutup. Tiba-tiba menghilang bak ditelan angin, hehe. Kemanakah saya selama ini : Ini dia jawabannya.

Japan On Track
Alhamdulillah saya berkesempatan untuk ikut program ini. Japan on Track (JOT) adalah program inisiasi oleh Toyota Coorporation Japan, Aichi Prefectural University (APU) dan Universitas Gadjah Mada (dalam hal ini diwakilkan OIAnya Fisipol). Nah program ini dibuka untuk pada mahasiswa Fakultas Teknik, MIPA, ISIPOL, dan FEB. Tujuan akhirnya yang paling jauh adalah Intership di Toyota Grup di Headquarter-nya di Aichi Prefecture (kayanya di Kota Nagoya, Jepang deh). Seru? Eits enggak segampang itu bro hehe.

Apply
Yak, applynya sebenarnya enggak rumit-rumit banget kok. Standar aja. Mungkin yang harus diperhatikan adalah timelinenya, kita-kita akan dilaunching di akhir bulan Juni dan pusat informasinya ada di Kantor Internasionalnya Fisipol (CDC-singkatannya). Oiya, salah satunya disyaratkan pernah belajar Bahasa Jepang sebelumnya. Sebenarnya saya belum pernah juga kok, jadi nyante aja. Insyallah kalau diniatkan untuk belajar pasti ada jalan, enggak usah takut =D.
Poster yang ada di fakultas-fakultas. Maaf ya, saya gagal menemukan resolusi yang agak gedean


Japanese Course
Mungkin ini yang harus dipikir dengan matang. Bagi yang lolos proses apply (biasanya 25 orang) program ini bakal ngasih Course Bahasa Jepang. Japanese Course ini diadakan sebulan biasanya (tahun ini 3 minggu sih) selama Senin sampai Jumat dari pagi jam 9.00 sampa sore jam 16.30. Pertama, dower sih dower, karena jadwalnya sangat padat dan assignment-nya setumpuk. Everyday! Kedua yang jadi pertimbangan tentu saja jadwal kuliah. Karena so pastinya nabrak kuliah dan kalau kehadirannya kurang dari 70% bakal di-kick dari program.

Oke dari tadi serem-seremnya wkwk. Benerfitnya nih, Sensei yang ngajar adalah dosen dan researcher berpengalaman ngajar Jepang - Indonesia dari APU, dialah Kato-Sensei =D. (Tapi jangan harap di kelas bakal diterangin pakai Bahasa Indonesia. Yang ada makan bilingual Inggris-Jepang yang makin lama Inggrisnya makin jarang). Kelasnya pake ruang multimedia fisipol yang oke punya. Ketiga temennya asik asik wkwk. Keempat tentu saja bisa dapet les bahasa Jepang yang berkualitas oke punya (kayanya kalo full native kaya gini biaya les diluar pasti mahal deh.) Keceriaan kelas kita bisa dibaca disini.

Kenapa ada program ini. Simpelnya, mereka kayanya sih mikir lebih gampang ngajarin anak Mesin Bahasa Jepang daripada ngajarin anak Sastra Jepang tentang Mesin wkwk (mungkin ide mereka salah ya.. saya enggak nyambung-nyambung tuh Bahasa Jepang wkwk.

Oke ini kenapa saya sering muncul-menghilang di Fisipol. Jadi isu kalau saya tebar jaring di Fisipol harus dihapus nih (pembersihan nama baik)
 Suasana kelasnya : Seru, asik, enjoy, adem, bagus hehe

Tuuh, kita bergaya aneh udah biasa. cc = ipuru-san (fotonya diminta dihapus sama empunya wkwk) saya ganti yang lain ya :
Ultimate banget ngakaknya inii. Ada kak Nisa loncat lagi. Ampun


Toyota Management Seminar
Teng-toong. Salah satu yang diajarin disini adalah management langsung sama President Direktur Toyota Indonesia! Mr. Masahiro Nonami - shacho. Beliau banyak menjelaskan tentang Toyota Ways ato cara Toyota memanajemen di Indonesia 17 September kemarin. Mayan laaah, dapet kenalan President Direktur kan. Oiya, kalau mau baca lebih jauh bisa cek disini =D!

 Naah, ini poster yang kemarin

Magang di Toyota Grup Indonesia
Kalau nanti lolos wawancara dengan Bahasa Jepang dan Inggris (tanggal 25 besok). Akan diberi kesempatan untuk Magang di salah stu dari lima perusahaan Toyota Group di Indonesia. Mereka adalah
  1. TMMIN = Toyota Motor Manufacturing Indonesia, yang ngebuat mobil Toyota dan segala macem partnya
  2. Daihatsu Indonesia = Jangan bilang kalo pada baru tau Daihatsu dan Toyota itu seinduk perusahaan (macam closeup dan pepsodent hehe). Makannya Toyota Rush - Daihatsu Terios, Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia serupa tapi tak sama. Daihatsu Indonesia intinya ngebuat mobil Daihatsu
  3. Denso Indonesia = Untuk membuat peralatan elektronisnya
  4. Toyota Tsusho = ini agak sulit menjelaskannya. Tapi saya membayangkan mirip GE Capital kali ya. Jadi perusahaan ini itu untuk unit bisnis masalah uang-uang, dagang dan capital. Bahasa inggrisnya adalah Trading Company
  5. TAM = Toyota Astra Motor. Untuk bagian sales, penjualan, dealer dan marketing.
Magang di Toyota Coorporation, Japan
Nah ini untuk yang berprestasi banget pas magang. Sekitar seminggu lebih. Yang seru sih nanti katanya bisa ketemu Gubenur Aichi, Keliling pabrik yang maha luas dll (Cerita kakak tahun lalu).


Untuk sementara baru sampai tahap Course sih saya. Doakan saja bisa lanjut terus biar saya bisa tetap cerita hehe.



Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment