image1 image2 image3 image4 image5 image6

EVERY NEW DAY IS ANOTHER CHANCE|ANOTHER CHANCE TO #CHANGE|#CHANGE IS NEVER EVER EASY|YOU FIGHT TO HOLD ON|AND YOU FIGHT TO LET GO|PROGRESS IS IMPOSSIBLE|WITHOUT #CHANGE|WE NEED WE WANT WE HAVE TO #CHANGE|BETTER #CHANGE JUST START

#menyapaSugapa Prolog 8 : Catatan Akhir Sebelum Berangkat

Yak, sampailah kita pada ulasan terakhir bagian Prolog ini. Sudah tidak ada lagi yang perlu diceritakan dibagian persiapan. Mungkin sedikit catatan akhir akan mengulas peralatan yang perlu dibawa pas KKN.

1. Kalian harus tau kondisi geografi tempat KKN
Harus tau nih, apakah akan berada di gunung, apakah di hutan, di pantai, di daerah lembab, daerah kering. Karena ini akan menyesuaikan dengan hal-hal yang harus kita bawa pas KKN.
Misalkan nih, daerah tim PPA-01 berada di daerah gunung yang sangaaat dingin. Makannya perlu banyak bawa Jaket, Sleeping Bag, celana dan baju bangat, penutup kepala, sarung tangan. Dan karena dingin berarti enggak perlu banyak mandi doong, jadi sabunnya dikit aja tapi banyak bawa tisu basah hehe.


2. Obat-obatan pribadi

Ini penting yak, siapa yang ada mag, siapa yang ada riwayat khusus. Keterbukaan antar anggota tim sangat dibutuhkan nih disini. Enggak seru kan kalo nanti di tempat KKN ada yang pingsan.

3. Alat ibadah
Nah, ini penting juga. Mengingat sampai tahun depan, Idul Fitri kayanya masih pas KKN deh. Setidaknya kalau enggak ada baju baru, ada baju agak bersih dan rapian buat shalat ied nanti =D
Selain itu juga perlu lah membawa Kitab Suci (dan tentu saja dibaca wkwk) sarung dan peralatan lainnya.

4. Alat Mandi
Penting nih, dulu awalnya saya enggak membayangkan di tempat KKN di Papua ada yang julan sabun, pasta gigi dll. Jadinya bawa agak banyak dari Jogja. Dan ternyata ekspektasi saya terlalu berlebihan hehe.

5. Administrasi dan Barang LPPM
Lembar-lembaran dari LPPM, surat izin, kertas-kertas, topi, nametag, kaos dan almamater jangan sampai lupa dibawa ya.

6. Barang Keperluan Tim
Barang yang sekiranya diperlukan satu Tim harus dibawa nih. Misalkan sekardus mie, emergency lamp (penting banget), senter, roll kabel, kotak obat tim, kertas satu rim, spidol, kertas warna dll. Jangan lupa dicatet barang tim jadi berapa kerdus dan siapa PJ bawanya waktu ngurus bagasi pesawat. Hal ini menghindari barang tim yang terlewat waktu di bagasi karena enggak ada yang sadar.

7. Dokumentasi
Ini sangat amat penting. Kamera, memory, baterai dan changernya harus selalu dibawa. Lensa-lensanya juga. Apa serunya kalau keseruan KKN itu enggak bisa diabadikan hehe.

8. Secukupnya!
Ingat, hehe. Nanti selama dua bulan disini masih mencuci kok. Jadi jangan bawa barang terlalau banyak. Secukupnya aja dan kalau kotor nanti dicuci di tempat KKN. Selain itu, untuk yang KKN pakai pesawat perginya, membawa terlalu banyak barang beresiko over bagasi = keluar uang. hehe. Belum nanti pulangnya biasanya pada beli oleh-oleh

9. Prepare
Jangan sampai ada yang ketinggalan ya barang-barangnya. Di list dari jauh-jauh hari

Daan besok mungkin bisa masuk cerita pas di Sugapa. hehe =D

Contoh barang punya Rhara ahaha

Share this:

CONVERSATION

2 comments:

  1. Sumpah bil, prolog aja sampe #8. Kapan intinyee? :v

    ReplyDelete
  2. wkwkwk, namanya juga cerita yang dimulai dari november tahun lalu.. hehe. Baca aja seet, Kan belum kkn *ups

    ReplyDelete