image1 image2 image3 image4 image5 image6

EVERY NEW DAY IS ANOTHER CHANCE|ANOTHER CHANCE TO #CHANGE|#CHANGE IS NEVER EVER EASY|YOU FIGHT TO HOLD ON|AND YOU FIGHT TO LET GO|PROGRESS IS IMPOSSIBLE|WITHOUT #CHANGE|WE NEED WE WANT WE HAVE TO #CHANGE|BETTER #CHANGE JUST START

#Q&A : Prestasi

Assalamu'alaikum 
Tolong dijawab seikhlasnya ya Mas Nabil, hehe


1. Menurut Mas Nabil, apa itu prestasi?

Menurut saya, prestasi itu adalah hasil dari sebuah usaha. Jadi prestasi itu enggak cuman sebatas oleh piagam penghargaan, palkat atau piala. Apapun hasil dari semua usaha dan perjuangan kitalah yang disebut prestasi. Hasil setelah membantu orang lain, hasil setelah mengabdikan diri buat masyarakat, hasil setelah belajar satu semester dengan sungguh sungguh; semua itu yang disebut Prestasi.
Prestasi itu, ketika kita sadar bahwa alasan sesungguhnya di balik seluruh perjuangan itu bukanlah sekeping medali, tetapi bagaimana kita menerbitkan senyuman pada orang-orang yang kita cintai.


2. Prestasi merupakan hasil dari usaha, menurut Mas Nabil, selain usaha apa saja yang kita butuhkan untuk dapat meraih prestasi?

Ada beberapa poin,
Poin pertama, bahwa semua hal berawal dari mimpi, harapan dan juga tujuan. Jika kita memimpikannya saja tidak berani? Mana ada cerita kita akan berani untuk bergerak dan mewujudkannya?
Poin kedua, bahwa semua hal yang berawal dari mimpi harus berani diwujudkan dan diperjuangkan. Mimpi itu setipis embun pagi, mudah untuk menguap dan hilang bagi kita yang bermalas-malasan. Mimpi itu juga sekuat baja dan besi, kokoh dan keras bagi kita yang berjuang tanpa kenal menyerah untuk menwujudkannya.
Poin ketiga, bahwa semua awal yang diperjuangkan kadang tidak miliki akhir yang sesuai dengan harapan. Tidak semua doa yang kita ukir di langit, serta merta dikabukan oleh yang Maha Pencipta. Tetapi percayalah ketika kegagalan itu menghampiri, bahwa Allah pasti sudah menyiapkan segala sesuatunya yang terbaik untuk setiap hamba-Nya yang berusaha.
Poin keempat, bahwa tidak ada kesuksesan karena diri kita sendiri. Semuanya, adalah rangkaian panjang peluh dan doa dari banyak orang, yang membuat malaikat tersipu dan langit bergetar mendengarnya. Kombinasi banyak hal yang membuat Sang Penguasa tidak tega untuk mengabaikannya.
Poin terakhir. Ini bukanlah akhir, ini adalah awal. Saya percaya, manusia yang terbaik adalah manusia yang bisa bermanfaat sebanyak mungkin bagi orang lain - KhairunnĆ¢s Anfa’uhum lin nĆ¢s. Semakin banyak nikmat dan berkah yang kita dapat, semakin besar pula kebermanfaatan yang harus kita berikan. Mungkin itulah jalan yang Sang Rabb siapkan untuk kita, jalan dakwah dari prestasi yang sudah Ia titipkan kepada kita.


3. Faktor pendukung yang paling berperan dalam membantu pencapaian prestasi Mas Nabil?

Saya tersadar bahwa pencapaian yang kita dapat, prestasi itu, bukan semata-mata milik kita. Banyak usaha-usaha orang lain yang turut serta di belakang. Orang tua yang turut mendukung dalam doa, guru-guru yang tidak pernah lelah mendukung kita, Pimpinan Sekolah/Univesitas yang mengusahakan dan memotivasi kita, semua tutor-mentor pengajar dan kakak kelas yang membagikan ilmunya kepada kita, hingga teman-teman yang tidak terhitung berapa kali banyaknya memberi kita semangat ketika kita payah dan tempat bersandar ketika kita lelah.


 4. Hal umum yang menghambat pencapaian prestasi dan solusinya menurut Mas Nabil?

Biasanya, hal paling umum yang menghambar dalam menggapai prestasi itu karena kelahan dan demotivasi. Karena kalua kita yakin dan memiliki mimpi yang tinggi, insyallah segala hambatan pasti akan diterjang.

Ketika kita sedang down, ada beberapa solusi
1.      Temukan akar dari perjuangan kita. Dengan megetahui kenapa kita berjuang. Kita akan terus tersadar bahwa jalan masih panjang.
2.      Punya orang-orang yang membela ketika kita jatuh. Ketahuilah bahwa kita di dunia ini tidak sendiri. Akan selalu ada teman-teman yang selalu mendukung dan orang tua yang selalu menyangga. Temui mereka ketika kita lelah.
3.      Kadangkala butuh refresing sejenak; menyapa teman lama dan menikmati keindahan alam disekitar kita.
4.      Bahwa kita punya Allah sebagai tempat bersujud

5. Hal apa yang harus kita lakukan dalam usaha mencapai prestasi?

Seperti yang ada di point 2. Pantang menyerah, selalu berusaha dan melakukan yang terbaik. Tidak lupa banyak berdoa agar dittunjukkan jalan yang terbaik.

Jangan lupa, kalau diberi suatu kelebihan ataupun hasil, yang kita sebut "Prestasi". Adalah kewajiban kita untuk membuat kebermanfaatan dari apa yang kita punya.

6. Hal apa yang tidak boleh kita lakukan jika ingin mencapai prestasi?

Berbuat curang, dan melakukan segala cara. Karena kita punya batasan-batasan kaan.

Terima kasih :)

Walaikumussalaam



Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment